Monday, December 5, 2011

Bagaimana Menampilkan Tahun 4 Digit

Jika ingin komponen-komponen database (DBGrid atau DBEdit) menampilkan tahun (year) dengan 4 digit, maka kita dapat merubah variabel FOURDIGITYEAR ke nilai True dalam program BDE Administrator.
Jika kita memiliki Paradox dan kita juga merubah format tanggal (date) ke "mm/dd/yyyy" yang bekerja dengan baik didalam Paradox, maka field tanggal yang sama dalam tabel yang sama masih menampilkan tahun deng format 2 digit.

Perhatikanlah komponen DatePicker Delphi, kita akan melihat bahwa komponen ini menampilkan tahun dengan angka yang sama seperti DBGrid. Oleh karena itu, permasalahnnya bukan pada BDE (Borland Database Engine), ketika kita menetapkan Regional Settings Windows untuk menampilkan "mm/dd/yyyy" dab berikutnya memulai sebuah aplikasi Delphi, maka fields tanggal ditampilkan dengan format "mm/dd/yyyy".
Format untuk tanggal dan angka-angka dalam delphi didefinisikan dengan menetapkan variabel format global. Variabel ini secara otomatis ditetapkan menurut setting Windows. Kita dapat merubah veriabel global ke format yang diinginkan, dengan begitu kita mengesampingkan settings Windows.
Setting yang dimodifikasi ini digunakan dalam aplikasi kita, dan setting tidak berpengaruh terhadap Regional Settings Windows.
Oleh karena itu, jika aplikasi menampilkan tanggal atau angka floating point, tetapkan variabel format global (ShortDateFormat, DecimalSeparator, LongDateFormat, dan sebagainya) pada nilai-nilai yang diinginkan. Kita harus melakukan ini dengan benar setelah memulai aplikasi.
Sebagai contoh dalam event handler OnCrete pada form utama.